Ribuan Civitas Academica UMY Ramaikan Senam Milad 42

March 20, 2023, oleh: superadmin

Rangkaian gebyar milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke 42 belum usai, kali ini UMY menggelar senam sehat bersama ribuan mahasiswa, dosen serta karyawannya di lapangan Plaza Bintang UMY pada Sabtu (18/03). Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. ASEAN.Eng dalam sambutannya mengatakan jika senam sehat ini adalah implementasi program Kampus Sehat.

“Selain menjadi rangkaian milad UMY ke 42, senam sehat pada pagi hari ini juga menjadi sebuah implementasi dari program kampus sehat. Kita ingin ciptakan lingkungan civitas academica yang sehat baik secara lingkungan, fisik maupun mental,” ucapnya. Ditambahkan Gunawan, ia juga mengatakan jika UMY berusaha memberikan pelayanan optimal untuk kesehatan mahasiswa.

“UMY terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa salah satunya pelayanan kesehatan. Jika mahasiswa sakit fisiknya, tinggal bawa KTM ke klinik punya UMY ataupun jika kesehatan mentalnya sedang perlu diobati, kami punya pelayanan konseling mahasiswa. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa,” lanjutnya. Dalam momentum senam bersama milad UMY 42, Gunawan juga mengingatkan kepada mahasiswa agar menjadikan momen milad ini untuk bersyukur.

“Sudah 42 tahun kampus ini berdiri dalam sepak terjangnya di dunia pendidikan. UMY terbilang masih muda tetapi sudah menjadi PTMA terbaik di Indonesia urutan pertama. Sedangkan di skala nasional, kita masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, hanya 3 PTS yang masuk dan UMY salah satunya, mari kita jadikan momen ini sebagai momentum untuk bersyukur atas segala pencapaian UMY,” paparnya.

Ditemui secara terpisah, ketua panitia milad UMY 42 Meika Kurnia Puji RDA, S.E., M.Si., Ph.D mengatakan jika peserta senam ini telah melampaui jumlah target. “Dari panitia sendiri sudah mematok target untuk jumlah peserta ini 1200 orang saja, tetapi ternyata form yang mendaftar lebih dari itu,” kata Meika. Ia juga menyebutkan jika rangkaian milad ini akan diakhiri dengan pidato milad dan laporan tahunan rektor pada 13 Mei mendatang dengan menghadirkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Meika juga menyebutkan jika pada senam sehat bersama ini, ada hadiah khusus untuk mahasiswa. “Kami sudah menyiapkan banyak doorprize untuk mahasiswa. Untuk doorprize utama ada motor, hadiah lainnya ada televisi, lemari es, voucher belanja dan ada hadiah khusus untuk mahasiswa seperti laptop untuk menunjang kegiatan akademiknya,” jelasnya.

Lebih lanjut Meika mengungkapkan dengan adanya senam sehat bersama ini, mahasiswa UMY bisa memaknai Milad UMY ini sebagai suatu momentum untuk terus maju. “UMY di miladnya yang ke 42 mengusung tema Keep Moving On. 42 tahun ini bukan perjalanan yang mudah, UMY tetap berdiri karena rektor-rektornya mau untuk bergerak maju, stakeholdernya pun demikian. Hal ini tentunya juga harus diikuti oleh mahasiswa, terus maju dan berprestasi,” tutupnya.

Sementara itu Koordinator divisi POM dan Senam Bersama Milad UMY 42, Muhammad Muttaqien, S.I.Kom, M.Sn mengatakan jika rangkaian senam bersama ini juga menjadi puncak Pekan Olahraga Mahasiswa.

“Selain menjadi rangkaian milad, senam hari ini juga menjadi puncak dari POM yang telah dilaksanakan sebelumnya,” terangnya. Angki juga mengatakan jika POM adalah salah satu wadah untuk menggali potensi mahasiswa.

“POM ini kan banyak yang dilombakan, mulai dari bulu tangkis hingga E-Sport. Ini tentunya juga menjadi wadah bagi kami untuk menggali potensi mahasiswa. Ke depannya kami juga bisa menyaring anak-anak berprestasi ini, kemudian kami kirimkan ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional,” kata Angki.

 

source:

https://www.umy.ac.id/ribuan-civitas-academica-umy-ramaikan-senam-milad-42