Delapan Orang Mahasiswa IPIEF Lolos Sertifikasi BSMR!

November 16, 2022, oleh: superadmin

 

Beberapa waktu lalu, delapan mahasiswa IPIEF mendapatkan sertifikat keahlian dari Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR). Kedelapan mahasiswa tersebut mendapat sertifikat setelah dinyatakan lolos dalam uji keahlian yang diadakan oleh BSMR beberapa byulan yang lalu. Acara penyerahan sertifikat dilakukan di Kantor IPIEF pada Kamis (3/11) dan disambut baik oleh Dr. Dimas Wiranatakusuma selaku Direktur IPIEF.

“Anda memiliki sebuah pengakuan (sertifikat) resmi, yang diakui oleh negara. Karena ini merupakan sertifikat keahlian yang tingkatnya nasional bahkan sudah bertaraf internasional. Ini (sertifikat) berlaku 4 tahun. Nanti kalau sudah 4 tahun berlalu, anda harus memperpanjang sertifikat tersebut dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BSMR, jadi tidak perlu mengikuti ujian lagi” ucap Dimas.

Delapan orang mahasiswa tersebut adalah Ariq Musyaffa Khairi, Demas Sagita Putra, Elvina Nabiilah Abbas, Fatwa Widiannurrizky Putri, Rifqi Ir Caesario Kurniawan, Shafira Annisa, Umron Khoiri, dan Vira Diniar Novianti. Namun dikarenakan lima mahasiswa masih berada di luar negeri untuk kegiatan student exchangenya, maka yang menghadiri penyerahan sertifikat tersebut hanya tiga orang saja.

BSMR sendiri merupakan lembaga yang menaungi penyelenggaraan sertifikat keahlian bagi para lulusan S1. Sehingga para pemegang sertifikat dapat memiliki poin lebih saat pencarian kerja setelah lulus dari jenjang pendidikan tersebut.

BSMR sendiri bertugas untuk menyelenggarakan sertifikasi manajemen risiko yang mengacu pada international best practices, menerbitkan sertifikat manajemen risiko, mencabut sertifikat apabila pemegang sertifikat terbukti bersalah melakukan pelanggaran di bidang perbankan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau pelanggaran kode etik profesi, serta melaporkan kegiatan yang berhubungan dengan sertifikasi secara berkala kepada Bank Indonesia.

Dr.Dimas berharap, kedepannya mahasiswa IPIEF akan lebih banyak lagi yang dapat mengikuti dan lolos sertifikat BSMR tersebut. Sehingga pada saat mereka lulus dan mulai mencari pekerjaan, sertifikat tersebut dapat digunakan dengan maksimal.