Kembali Bertemu Mahasiswa IPIEF, Jazib Bagikan Tips dan Trik Cari Beasiswa Luar Negeri Bagi Mahasiswa Angkatan 2022

October 21, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta – Kesekian kalinya, IPIEF kembali mengadakan program Guest Lecture secara tatap muka di ruang kuliah 401, Gedung Pascasarjana Lt.4 pada Sabtu 15/10 lalu. Setelah Jazib Ali, BBA., MBA. sukses mengisi Pengantar Manajerial Ekonomi dan Keuangan bagi mahasiswa IPIEF angkatan 2020 dan 2021 dihari sebelumnya,  kini ia kembali bertemu dengan para mahasiswa baru IPIEF angkatan 2022, kini ia berbicara mengenai “Independent Student : How to Get Scholarship in the Oversea University”

 

Dimoderatori langsung oleh Zuhriyah, S.E., MLIS. selaku dosen IPIEF, Jazib membagikan pengalamannya kepada 30 mahasiswa yang hadir dalam ruangan. Bagaimana mendapatkan beasiswa di UK, apa saja tips dan trik yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa, serta apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan dari pra hingga pasca mendapatka beasiswa tersebut. Jazib juga menambahkan bahwa mahasiswa yang ingin mencari beasiswa, terkhusus di UK perlu memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, termasuk dalam berorganisasi. Sebab organisasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menambah skill berbicara maupun manajemen organisasi dari mahasiswa itu sendiri.

“Seorang mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, perlu mendapatkan surat rekomendasi dari seorang profesor dari asal kampus kita sebelumnya. Selain itu, motivation letter sangat perlu dipersiapkan oleh anda semua. Tujuannya supaya anda dapat termotivasi untuk berkompetisi dengan orang lain untuk mendapatkan beasiswa yang anda inginkan” Ucap Jazib.

Menurut Ecky, selaku salah satu staff IPIEF mengatakan tujuan diadakannya guest lecture ini untuk memotivasi para mahasiswa baru dalam mendapatkan informasi mengenai persiapan yang bisa dilakukan jauh-jauh hari saat memiliki rencana untuk mencari beasiswa di luar negeri. Ia juga menambahkan perlunya mahasiswa dalam mengasah kemampuan dalam berbagai bidang sebagai pengembangan diri. Sebab hal tersebut akan menjadi nilai tambah dari diri mahasiswa itu sendiri. (AN)