Perkuat Kerjasama Internasional, IPIEF and FEB UMY melakukan Kunjungan ke 7 Kampus Besar di Malaysia

August 23, 2022, oleh: superadmin

Pandemik covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap arus pergerakan manusia, tanpa terkecuali mobilitas dosen dan mahasiswa di dunia Pendidikan. Dua tahun masa pandemic, mobilitas direpresentasikan dengan kegiatan berbasis digital platform dan nyaris tidak ada pertemuan secara fisik. Namun demikian, setelah pelonggaran kegiatan masyarakat diberikan oleh pemerintah, inisiasi-inisiasi yang membutuhkan mobilitas menemukan angin segar.

Kerjasama internasional adalah salah satu aktivitas yang sangat terdampak hebat dari pandemic ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UMY, adalah salah satu fakultas di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang sangat aktif dalam pengembangan dan penguatan Kerjasama internasional. Ditengah momentum pelonggaran mobilitas ini, delegasi FEB yang dipimpin oleh Prof. Dr. Rizal Yaya, Dekan FEB UMY beserta Dr Radyan Dananjoyo – Sekretaris Program Internasional Prodi Manajemen (IMABs) dan Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma – Sekretaris Program Internasional Ekonomi (IPIEF) dan PIC Kerjasama FEB UMY Malaysia, melaksanakan kunjungan resmi ke tujuh (7) kampus besar di Malaysia sejak 16-21 Agustus 2022.

Kunjungan ini bertujuan untuk aktivasi Kerjasama baik dalam bidang student dan staff mobility yang sempat vakum secara fisik akibat pandemic. Kerjasasama dalam bidang kemahasiswaan mencakup penguatan untuk program pertukaran mahasiswa secara fisik dan resiprokal antara UMY dan kampus mitra. Sementara, dalam konteks pertukaran staff, kesepakatan terkait team teaching pada mata kuliah di FEB dan berlaku reciprocal, serta matching grant antara peneliti FEB dan kampus mitra. Disamping itu, juga dibahas kesepakatan untuk saling Kerjasama dalam hal reviewer jurnal, joint conference, dan summer course. FEB UMY berharap penguatan Kerjasama internasional ini dapat memperkuat daya saing dan pengakuan internasional UMY dalam pemeringkatan internasional. Secara khusus, kunjungan kami diterima oleh Dekan dan wakil dekan, serta ketua prodi yang mencakup Kampus Universiti Teknologi Mara (UiTM) Melaka Campus, International Islamic University Malaysia (IIUM), Universiti Malaya (UM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Utara Malaysia (UUM).

  1. Universiti Sains Islam Malaysia

2. Universiti Malaysia Trengganu

3. Universiti Sains Malaysia

4. Universiti Malaya

5. International Islamic Universiti Malaysia

6. Universiti Utara Malaysia

7. Universiti Teknologi Mara (UiTM) Melaka Campus