HIMIE UMY SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA

April 10, 2021, oleh: superadmin

Yogyakarta- Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selenggarakan seminar nasional kewirausahaan ‘Creating A Creative, Innovative, And Independent Entrepreneural Spirit pada Sabtu, (10/04/2021). Adapun narasumber dalam seminar ini yaitu Yolanda Agatha, pemilik SaladNyoo dan Natta Retta, seorang pebisnis, penyanyi, dan influencer. Seminar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana awal mula pebisnis handal dalam membangun usahanya. Seminar ini berlangsung daring dengan menggunakan video konferensi Zoom dan diikuti lebih dari 100 peserta.
Para pebisnis tentu memiliki beragam cerita dibalik membangun usaha. Seperti Yolanda sebagai pemilik SaladNyoo yang memulai usahanya karena mengalami kesulitan finansial. Tak ingin terus terpuruk, ia akhirnya memberanikan diri berwirausaha dengan mencoba berbagai menu makanan. Perjalanan panjangnya dalam menemukan usaha yang tepat akhirnya membuahkan hasil dengan dengan berjualan salad buah.

Dalam membangun usaha salad buah, Yolanda menuturkan bahwa seseorang yang ingin berwirausaha harus memiliki motivasi yang kuat, tujuan yang tepat, skala prioritas yang hendak diraih. Untuk bisa mempertahankan usaha di pasaran harus memberanikan diri untuk mengambil peluang dan kesempatan yang ada, tidak mudah patah semangat, dan konsisten dalam mempertahankan kualitas usaha yang dimiliki. Jadikanlah kompetitor sebagai saingan dalam usaha yang bisa memacu seseorang untuk lebih semangat mengembangkan usaha. Dalam berwirausaha, owner SaladNyoo ini berusaha agar usahanya dapat bermanfaat untuk banyak orang dengan membuka lapangan kerjaan.

“Apapun yang kalian lakukan hari ini, kalaupun gagal ya usahain dulu yang terbaik. Lalu kalau gagal, coba ingat lagi motivasinya, ya harus dicoba lagi. Jadi bisa aja memang jatah gagalnya harus dihabiskan dulu kemudian baru bisa kamu sampai ke titik ini. Jadi jangan sampai menyerah atau berhenti. Karena kegagalan yang sebenarnya adalah kalau kita berhenti”, tutup Yolanda.
Bagi Natta Reza, berbisnis adalah cara yang paling tepat untuk mengumpulkan rezeki. Adapun diversifikasi bisnisnya berawal dari kebutuhan produk yang banyak diminati orang sekaligus memiliki potensi target pasar yang besar. Seorang wirausaha harus jeli memanfaatkan peluang yang ada dan bisa menggunakan pola pikir yang jernih agar bisa mengimplementasikan ide bisnis dengan baik dan benar. Seorang entrepreneurship harus memiliki produk berkualitas agar bisa menjadi pembeda dengan kompetitor dan bisa menarik minat konsumen.

Natta Reza mengungkapkan bahwa keberhasilan bisnisnya saat ini adalah akumulasi dari banyak hal-hal kecil yang ia lakukan di masa lalu. “Jika punya keinginan menjadi pebisnis atau pengusaha, jangan hanya jadi keinginan saja. Ide-ide besar tidak akan menjadi apa-apa ketika tidak memulai itu semua. Ide kecil akan menjadi sesuatu yang besar jika dijalani dan mulai mengambil action untuk membangun impian”, tutup Natta Reza (ind)