Pendaftaran

FAQs

Berikut ini adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai IPIEF:

1. Apa itu IPIEF?

IPIEF adalah International Program for Islamic Economics and Finance, diinisiasi oleh Dr. Masyhudi Muqorobin dan di-launching secara resmi pada tahun 2009 bekerjasama dengan Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Airlannga, Surabaya.

2. Apa Visi dan Misi IPIEF?

IPIEF mempunyai visi: Menjadi Program Internasional terkemuka di bidang Ekonomi, Perbankan dan Keuangan Islam di ASEAN pada 2021. Untuk mencapai visi tersebut, ia memiliki 4 misi, yaitu internasionalisasi, keunggulan akademis, penelitian dan pengabdian masyarakat.

3. Mengapa saya harus masuk program ini?

Hingga saat ini telah banyak institusi keuangan yang menyediakan layanannya berbasiskan prinsip Islam, seperti Bank Syari'ah, Institusi Pembiayaan Mikro (BMT) dan Saham Syariah yang semua itu membutuhkan banyak sumber daya insani yang kredibel dan ahli di bidang keungan syariah untuk bekerja di lembaga-lembaga keuangan syariah tersebut. IPIEF memberikan mata kuliah dan praktikum yang sangat dibutuhkan untuk menyiapkan ekonom dan bankir Islam masa depan.

4. Apa saja persyaratan untuk masuk ke program ini?

Anda bisa menemukan semua informasi terkait dengan persyaratan kuliah di program ini beserta beasiswa yang ditawarkan pada bagian selanjutnya.

5. Berapa lama program ini normalnya akan selesai?

Durasi kuliah program IPIEF adalah 3-4 tahun.

6. Apakah tergolong mahal untuk belajar di program ini?

Karena program ini bertujuan untuk mempromosikan ekonomi Islam di tingkat internasional dan dirancang berdasarkan kurikulum berstandar internasional, biaya kuliahnya masih terjangkau.

7. Apa saja manfaat yang akan diperoleh dari mengikuti program ini?

Ada banyak manfaat yang akan didapat siswa dari mengikuti program ini: Pertama, mahasiswa IPIEF akan diberi kesempatan untuk belajar di luar negeri di universitas mitra kami di seluruh dunia; Kedua, ada kesempatan berharga bagi mahasiswa IPIEF untuk magang di bank syariah atau bahkan di Bank Indonesia; Ketiga, mahasiswa IPIEF akan dilibatkan dalam banyak konferensi internasional yang dilakukan di luar negeri; Keempat, mahasiswa IPIEF akan mendapatkan nilai tinggi dalam kemampuan bahasa Inggris di akhir program, dengan skor 550 dalam Test of English as a Foreign Language (TOEFL); Kelima, ada program pengembangan karakter dimana siswa IPIEF diharapkan dapat mempertahankan karakter dan akhlaq al-karimah.

8. Bagaimana prospek kerja setelah lulus dari IPIEF?

Akan ada beberapa karir yang bisa dikejar setelah menyelesaikan program IPIEF, yaitu: bankir Islam, peneliti, pembuat kebijakan dan dosen. Anda bisa melihat profil alumni kami di sini.

9. Siapa yang bisa dihubungi untuk menanyakan informasi lebih lanjut?

Jika anda membutuhkan informasi tambahan, anda bisa telepon ke +62 813-1632-8255 atau kirim email ke ipief@umy.ac.id

Jalur Penerimaan
Program Internasional

IPIEF memberikan kesempatan kepada semua mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke lebih dari seratus perguruan tinggi terkemuda di seluruh dunia.

Program Pertukaran Mahasiswa

Program Beasiswa
Brosur

Dokumen
Formulir Pendaftaran

Jika anda tertarik untuk mendaftar di program ini, anda bisa mendownload dan mengisi formulir pendaftaran di bawah ini.

Unduh Formulir

Kontak

Hand phone: +62 81316328255

Phone: +62 274 387656 Ext. 380 (hunting)

Fax: +62 274 387646

Email: ipief@umy.ac.id

Instagram: @ipieffebumy

Facebook: IPIEF FEB UMY