Malaysia - Sebagai bagian dari program Internasionalisasi, IPIEF selenggarakan program magang di luar negeri. Salahsatunya, Herdanov Satya Wardana. Mahasiswa IPIEF angkatan 2016 ini mengikuti program magang di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang, Malaysia pada 4 Februari – 1 Maret 2019.

Di KJRI Penang, Herdan ditugaskan di bagian  pelayanan masyarakat, yaitu di divisi POLRI dan divisi Konsuler yang berfokus untuk menampung dan menyelesaikan keluhan masyarakat Indonesia yang ada di Malaysa. Permasalahan tersebut diantaranya banyak TKI yang haknya tidak dipenuhi oleh majikan, banyak juga yang harus kabur dari majikan, mendapatkan perlakuan kasar, dan lain-lain.  selain menangi para TKI bermasalah, banyak juga WNI yang harus menjadi narapidana disana karena telah melanggar aturan yang berlaku disana.

“saya memilih magang di KJRI Penang karena saya ingin mencoba hal-hal baru diluar batasan saya. Saya ingin tahu bagaimana para TKI kita di luaran sana, dan bagaimna cara kita untuk memberikan pelayan kepada TKI, untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang mereka alami. Dan saya juga membutikan, kalau saya mampu untuk magang di luar negeri”, tutup Herdan ketika ditemui pasca sampai di tanah air. (ug)