Ketua Program

Ketua Program

BIODATA SINGKAT
Nama Lengkap Dimas Bagus Wiranata Kusuma, SE., M.Ec, Ph.D
Tempat lahir Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Tanggal lahir October 16, 1985
NIDN 0516108502
Email dimas_kusuma@umy.ac.id

 

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

LEVEL

UNIVERSITAS

PERIODE

Ph.D pada bidang Economics, konsentrasi Islamic Banking Finance

Topik Dissertasi : “An Inquiry into Resilience of Islamic Banking in Indonesia”

Department of Economics, Kulliyyah of Economics and Management Sciences, International Islamic University Malaysia (IIUM) Sept 2012-Nov 2017

(CGPA 3.33)

Master pada bidang Economics, konsentrasi International Monetary Economics

Thesis Topik : “The Proposed Formation of ASEAN Exchange Rate Unit (AERU) for ASEAN-5 Monetary Integration”

Department of Economics, Kulliyyah of Economics and Management Sciences, International Islamic University Malaysia (IIUM) Dec 2009-

Feb 2012

(CGPA 3.17)

Sarjana Ekonomi, pada bidang Ekonomi Moneter

Topik penelitian : “The Analysis of An Early Warning System of Currency Crises in Indonesia Period 1999-2006”

Airlangga University Surabaya, East Java, Indonesia Sept 2004 – August 2008

(CGPA 3.50)

 

MINAT PENELITIAN DAN KOMPETENSI
Ekonomi Moneter Islam
Ekonomi Moneter Internasional
Keuangan dan Perbankan Islam

 

MATA KULIAH YANG DIAJARKAN
Ekonomi Moneter Islam
Mikroekonomi II
Ekonomi Moneter
Manajemen Perbankan Islam

 

Lingkup Kerja
Bertanggungjawab untuk pengembangan sumberdaya  ditingkat jurusan–Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
Wewenang
1  Menentukan prioritas pekerjaan
2  Memberi nilai kinerja bawahan
3  Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
4  Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan
Tanggung Jawab
1  Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja
2  Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan mahasiswa
3  Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor
4  Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
5  Kebenaran dan ketepatan laporan
6  Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan
Uraian Pekerjaan
1 Menyusun kegiatan dan rencana anggaran kegiatan jurusan–Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang meliputi, pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, sumberdaya, layanan mahasiswa dan promosi
2 Merencanakan kompetensi staf non akademik ditingkat jurusan-Program Studi.
3 Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders
4 Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan jurusan-Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dibidang sumberdaya
5 Memantau dan mengevaluasi bidang sumberdaya yang meliputi sarana prasarana, keuangan, tatakelola, dan sumberdaya tenaga pendukung di tingkat jurusan-Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembanguna
6 Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staff jurusan-Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia.
7 Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hard dan/atau softcopy.
8 Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan
9 Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya sekretaris jurusan-Program Studi yang baru

 

PENGALAMAN KERJA

NAMA INSTITUSI

POSISI

PERIODE

Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia Director for International Program of Islamic Economics and Finance (IPIEF UMY)

And Coordinator BI Corner UMY

September 2017-2021
Center for Central Banking Research and Education, Specialist in Islamic Economics and Finance, Central Bank of Indonesia, Jakarta Indonesia Sekretariat Jurnal, Bank Indonesia, Jakarta August 2015-December 2015
Center for Central Banking Research and Education, Specialist in Islamic Economics and Finance, Central Bank of Indonesia, Jakarta Indonesia Assisten Peneliti Senior February 2014 – December 2014
Co-Corricular Cultural Activity, Student Affair Division, International Islamic University Malaysia Part Time Trainer in Leadership and Management Course February 2013-

June 2013

Department of Economics, Kulliyyah of Economics and Management Sciences, International Islamic University Malaysia Part Time Lecturer in Economics February 2013-

June 2013

Department of Economics, Kulliyyah of Economic and Management Sciences, International Islamic University Malaysia Research and Graduate Assistant in Economics 2011-2013
Syariah Economic Departement of Airlangga University, Indonesia Asistant Lecturer in Statistics 2009
Read more
BIODATA SINGKAT
Nama Lengkap Agus Tri Basuki, SE., M.Si.
Tempat lahir Yogyakarta, Indonesia
Tanggal lahir October 14, 1968
NIDN 0514106801
Email agustribasuki@yahoo.com

 

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

LEVEL

UNIVERSITAS

PERIODE

Ph.D di bidang Ilmu Ekonomi, pada bidang Ekonomi Pembangunan Doctoral Program of Economics, Universitas Negri Sebelas Maret, Surakarta On going
Master pada Ilmu Ekonomi pada bidang Ekonomi Pembangunan Graduate School of Economics, Universitas Padjajaran, Bandung 2000
Sarjana pada Ilmu Ekonomi, konsentrasi Ekonomi Pembangunan Department of Economics, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 1993

 

MINAT PENELITIAN DAN KOMPETENSI
Matematika
Statistika
Ekonometrika
Ekonomi Pembangunan

 

MATA KULIAH YANG DIAJARKAN
Matematika
Statistika
Ekonometrika

 

Lingkup Kerja
Bertanggungjawab untuk pengembangan sumberdaya  ditingkat jurusan–Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.
Wewenang
1  Menentukan prioritas pekerjaan
2  Memberi nilai kinerja bawahan
3  Memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai ketentuan
4  Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan
Tanggung Jawab
1  Kebenaran dan ketepatan menurut program kerja
2  Kebenaran dan kelengkapan materi tentang akademik dan layanan mahasiswa
3  Pendayagunaan prasarana dan sarana kantor
4  Kelancaran, kebenaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
5  Kebenaran dan ketepatan laporan
6  Ketepatan pencapaian standar mutu kegiatan
Uraian Pekerjaan
1 Merencanakan, menyusun strategi dan kebijakan pengembangan laboratorium yang mendukung kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi.
2  Mewujudkan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders.
3  Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan pengelolaan dan pengembangan yang mendukung kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi
4 Melaksanakan koordinasi dengan pengurus staff laboratorium secara periodik.
5 Mendokumentasikan seluruh produk kegiatan dalam bentuk hard dan/atau softcopy
6 Menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) secara periodik serta memori pada akhir masa jabatan.
7  Mendampingi pejabat baru pada masa peralihan selama satu bulan setelah terpilihnya kepala laboratorium jurusan-Program Studi yang baru

 

PENGALAMAN KERJA
NAMA INSTITUSI POSISI PERIODE
Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia Sekretaris Program Studi Ilmu Ekonomi 2011-2016
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Part Time Lecturer 1996-2005
Universitas Islam Indonesia Part Time Lecturer 2001-2005
STIE IEU Part Time Lecturer 2001-present
LP3I, Bandung Part Time Lecturer 1998-1999
Ministry of Higher Education, Republic of Indonesia Reviewer 2009
Pusat Studi Pariwisata [Centre of Tourism Studies] Peneliti 2003-2008
Pusat Studi Transportasi dan Logistik Peneliti 2005
Read more
BIODATA SINGKAT
Nama Lengkap Linda Kusumastuti, SE.
Tempat lahir Yogyakarta, Indonesia
Tanggal lahir April 16, 1988
Email linda_kusumastuti@yahoo.com

 

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
LEVEL UNIVERSITAS LULUS
Jurusan Ilmu Ekonomi Department of Economics, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2011

 

Lingkup Kerja
Bertanggung jawab dalam menyusun laporan keuangan yang dialokasikan untuk membiayai kegiatan akademik di level IPIEF
Tanggung Jawab
1 Menyiapkan laporan keuangan IPIEF
2 Mengarsipkan semua bukti keuangan yang digunakan untuk membiayai kegiatan
3 Mengatur semua keuangan IPIEF dan membuat surat pertanggung jawaban